Ciri-ciri Komputer Yang Terkena Virus Ransomware dan Cara Mengatasinya

KomputerKita.Net, Ciri-ciri Komputer Yang Terkena Virus Ransomware dan Cara Mengatasinya - Bagi Anda yang belum mengetahui, ransomware alah senjenis malwar yang terjadi pada komputer atau laptop yang akan masuk pada sistem dan mengunci alias dienkripsi semua data penting yang terdapat pada perangkan komputer atau laptop tadi, tanpa terkecuali. Tidak hanya itu, ransomware juga akan meminta tebusan pada para korban bila ingin membuka data mereka yang terkunci tadi. Mata uang yang digunakan pun tidak sama seperti mata uang pada umumnya, namun akan menggunakan mata uang virtual Bitcoin yang sangat sulit dilacak paca saat ini.

Ransomware bisa dianggap sebagai jenis serangan cyber yang baru populer belakangan ini. Jauh sebelum ransomware, serangan di dunia cyber memiliki motif dan jenis ancaman yang berbeda.

Perbedaannya, kebanyakan virus yang beredar beberapa tahun silam lebih banyak bertujuan untuk merusak sistem komputer. Sementara itu, virus ransomware merupakan metode penyandera data digital yang ujung-ujungnya meminta tebusan.

Si penjahat cyber bakal menyandera atau mengunci data yang baru bisa dibuka setelah korban membayar uang tertentu.

Virus yang beredar pada awal-awal zaman internet sebenarnya juga terkait dengan uang. Jika komputer rusak, si korban harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya. Meski begitu, penjahat cyber tidak mendapatkan uang dari korban.  (Dikutip dari Tekno Kompas)

Gejala yang akan ditimbulkan berupa sebuah komputer atau laptop yang terinfeksi sebuah ransomware adalah, kinerja yang tidak dapat dimaksimalkan alias melambat mirip saat terkena virus atau malware. Lalu yang paling terlihat adalah semua data penting seperti dokumen, lagu, video atau foto akan berubah menjadi ekstensi file akan menjadi ekstensi yang tidak lazim, misalnya data dokumen foto dan biasanya memiliki ektensi JPEG, JPG atau PNG berubah menjadi ceber 3 atau lainnya.

Lalu saat Anda hendak membuka file tersebut akan muncul sebuah pesan yang berisikan informasi (bisa melalui sebuah file TXT atau juga melalui wallpaper bahwa data pada perangkat komputer atau laptop yang telah terkunci dan juga meminta tebusan bila ingin kembali mengakses file tersebut, Nominal yang dimintanya mulai dari 1 Bicoin yang bisa diuangkan sekitar 8 juta Rupiah, hingga puluhan juta. ALamat yang ditujukan juga mempunyai domain yang bermacam-macam, salah satunya dengan domain, onion yang dapat dikases dengan menggunakan browser TOR.

Anti Virus yang bisa mengatasi Ransomware dari AVG:

Alat Dekripsi Ransomware Gratis

Diserang ransomware? Jangan bayar tebusannya!
Alat dekripsi ransomware gratis kami dapat membantu mendekripsi file yang terenkripsi oleh bentuk-bentuk ransomware di bawah ini. Klik saja namanya untuk melihat tanda-tanda infeksinya dan dapatkan perbaikan gratis dari kami.

Apocalypse

Apocalypse adalah ransomware yang pertama kali terdeteksi pada Juni 2016. Berikut tanda-tanda infeksinya:
Perubahan nama file:
Apocalypse menambahkan .encrypted, .FuckYourData, .locked, .Encryptedfile, atau .SecureCrypted di belakang nama file. (mis., Thesis.doc = Thesis.doc.locked)
Pesan tebusan:
Membuka sebuah file dengan ekstensi .How_To_Decrypt.txt, .README.Txt, .Contact_Here_To_Recover_Your_Files.txt, .How_to_Recover_Data.txt, atau .Where_my_files.txt (e.g., Thesis.doc.How_To_Decrypt.txt) akan menampilkan pesan sejenis ini:






0 Response to "Ciri-ciri Komputer Yang Terkena Virus Ransomware dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment