Cara Merawat Fisik Hardisk Komputer/Laptop Beserta Datanya

Cara Merawat Fisik Hardisk Komputer/Laptop Beserta Datanya - Hard drive mungkin adalah komponen terlemah dari komputer, dan sayangnya dia juga mungkin yang paling penting. Semua data Anda disimpan pada otak elektronik kecil ini, dan Anda harus memperlakukannya dengan baik agar tetap awet. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan harapan hidup hard drive anda dan menghindari beberapa hal yang membahayakan hard drive.
 
Defragment drive Anda secara teratur. Ini dapat memperpanjang kehidupan hard drive. Semakin lama harddisk berjalan, semakin banyak file yang terfragmentasi, menyebabkan lebih  banyak  stres  fisik  pada  komponen  internal  karena  mereka  mencari  bolak-balik informasi yang spesifik. Buatlah jadwal untuk defrag dan pastikan Anda mengikutinya, juga, Windows "Disk Cleanup" utilitas dapat membantu membebaskan beberapa ruang drive, yang selalu membantu untuk harddisk Anda.


Jangan mematikan komputer Anda dengan cara tidak benar. Menekan tombol power akan menimbulkan kejutan listrik besar ke komputer Anda. Sangat berbahaya bagi hard disk jika computer  dimatikan  dengan  cara  seperti  ini.    Pastikan  untuk  membaca  buku  manual
.
Perawatan Fisik Hardisk

Tidak banyak perawatan fisik yang dapat dilakukan pada perangkat keras hard disk drive. Ini disebabkan karena bagian yang paling keras bekerjanya dari hard drive ada pada  bagian  dalam  dan  tidak  dapat  dibuka.  Namun  demikian  dibawah  ini  saya berikan apa yang dapat anda lakukan untuk merawat hard drive anda
Jaga kebersihan. Kebersihan hard drive dari debu harus selalu diperhatikan karena debu dapat merusak koneksi elektronik dalam perangkat terlebih jika debu-debu ini menimbulkan kelembaban berlebihan. Bersihkan dengan hari-hati permukaan dan sekitar badan hard drive.
 
Jaga suhu hard drive. Salah satu pembunuh hard drive adalah karena overheating. Oleh karena itu disalankan agar tersedia cukup ruang kosong di sekitar hard drive untuk peralihan udara sejuk. Jika perlu pasang kipas pendingin khusus untuk hard drive. 

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna komputer adalah setelah beberapa waktu kecepatan atau performa komputer menurun. Komputer menjadi lebih lambat daripada biasanya, padahal komputer tidak sedang terinfeksi oleh virus dan  sejenisnya.  Tentu  saja  hal  ini  bisa  terjadi  pada  komputer  siapapun,  karena setiap hari file-file dan data yang tersimpan akan terus bertambah. File-file sampah banyak yang masih belum terbuang, serta program-program baru yang terinstall juga menambah penuh sesak ruang pada harddisk.


Semakin  banyak  ruang  harddisk  yang  terpakai,  tentu  saja  akan  memperlambat kinerja daripada komputer tersebut. Komputer akan lebih banyak melakukan load/memuat file-file, program atau software yang tentu saja akan lebih memakan banyak waktu ketimbang file serta program yang terinstall masih sedikit.

Cara Merawat Hardisk Software dan Data

Salah satu alternatif, cara untuk mempercepat kinerja komputer adalah dengan membuang saja file-file sampah yang sudah tidak terpakai lagi, atau uninstall program atau software yang tidak pernah dipakai, serta menonaktifkan fitur-fitur windows  yang  tidak  diperlukan.  Untuk  melaksanakan  tugas  tersebut  Microsoft  windows  telah  memberikan  fasilitas  yaitu  Disk  Cleanup.  Disk  cleanup  ini  akanmembersihkan recycle bin, temporary internet files, downloaded program files.

Selain membersihkan item diatas, disk cleanup juga menyediakan fasilitas more options untuk melakukan fungsi clean up windows component (menonaktifkan fitur windows),  cleanup  installed  program  (uninstall  program  atau  software)  serta cleanup system restore point ( menghapus restore point) Untuk mengakses atau membuka fasilitas disk cleanup ada dua cara yang dapat ditempuh yaitu sebagai berikut:
  1. Cara pertama, Klik [Start >>all program >>accessories >> system tools >> Disk Clean up >> pilih salah satu Drive >> OK
  2. Cara kedua, Buka windows explorer. Klik kanan pada drive yang akan di cleanup kemudian  klik  tombol  disk  cleanup  pada  tab  general  jendela  drive  properties. 
  3. Setelah itu komputer akan mengumpulkan data yang ada.
  4. Beri tanda centang pada pilihan files yang akan dihapus kemudian klik OK. 
  5. Anda dapat membuka tab [more options] untuk melakukan fungsi clean up windows component (menonaktifkan fitur windows), cleanup installed program (uninstall program atau software) serta cleanup system restore point ( menghapus restore point).
Dengan  melakukan  disk  clean  up  tersebut  maka  ruang  bebas  pada  harddisk  akan bertambah, sehingga akan menambah performa komputer.

0 Response to "Cara Merawat Fisik Hardisk Komputer/Laptop Beserta Datanya"

Post a Comment