Bagaimana Proses Kerusakan Hard Disk ?

Bagaimana Proses Rusaknya Hard Disk ?  - Sebuah hard disk drive terdiri dari satu atau lebih platter, disk berputar yang berisi trek informasi  magnetik.  Piringan  ini  berputar  dan  dibaca  oleh  alat  baca/tulis  yang  disebut sebagai head yang melayang-layang di atas permukaan disk di atas bantalan udara yang diciptakan oleh kecepatan rotasi piringan itu. Head ini melekat pada sebuah angker yang dapat memindahkannya diatas permukaan disk, diaktifkan oleh kumparan magnetik.
 
Putaran piringan bergerak sangat cepat dan tepat. Putaran piringan ini umumnya berkisar 5400 atau 7200 RPM, dan gerakan head membaca/menulis pada wilayah yang terpisah dari disk juga sangat cepat. Hard disk akan gagal pada  akhirnya karena mereka adalah alat mekanis, dan dengan demikian, bisa menjadi usang dan loyo. Alasan yang paling mungkin tentang  kegagalan  drive  sebelum  waktunya  bagaimanapun,  adalah  kerusakan  fisik.  Jika dalam drive mengalami goncangan fisik ketika sedang aktif (berarti bahwa ketika head sibuk membaca atau menulis data pada permukaan platter) ada kemungkinan bahwa head akan membuat  sentuhan  fisik  dengan  permukaan  piringan,  kejadian  ini  dapat  menyebabkan semua jenis masalah. Harap dipahami bahwa walaupun head sangat rapat dengan piringan namun keduanya tidak dan tidak boleh bersentuhan langsung. head  maupun  permukaan piringan.  Dan jika permukaan  piringan sudah tergores, itulah tanda-tanda bencana data akan datang.
 

Untungnya, drive modern terlindung dengan baik terhadap jenis kerusakan itu ketika head bergerak.  Semua  hard  drive  yang  diproduksi  di  dekade  terakhir  atau  lebih  baru  dapat melindungi diri mereka sendiri secara otomatis ketika piringan berputar di dekat head read- write, dan head turun pada wilayah yang aman ketika piringan berhenti.

Sebuah drive yang rusak secara fisik sangat sulit diperbaiki, bahkan lebih baik diganti saja. Untuk alasan ini, Anda harus menghindari menggerakkan komputer Anda ketika sedang diaktifkan.  Kebanyakan  hard  disk  laptop  mempunyai  pelindung  getaran  namun  mereka masih  dapat  dipengaruhi  oleh  kekuatan  goncangan  fisik.  Kegagalan  motor  drive  atau bantalan juga dapat menyebabkan kinerja lambat atau kesalahan baca/tulis data karena piringan berputar perlahan-lahan atau berputar pada kecepatan yang salah.

Bagian dalam Hard drive adalah hampa udara, artinya tidak boleh ada bocoran dari luar sehingga  udara  masuk.  Hampa  udara  ini  untuk  memberikan  suasana  internal  yang diperlukan untuk menjaga stabilitas head membaca/menulis dan melayang-layang di atas permukaan disk dengan stabil. Sebuah kebocoran penyaringan udara dapat memungkinkan partikel masuk ke dalam mekanisme drive, yang dengan cepat dapat menyebabkan kerusakan besar data Anda. Kegagalan mekanik disk, atau kerusakan fisik yang ditimbulkan itu akan hampir pasti menimbulkan masalah perangkat lunak terkait, umumnya menuju ke bad sector.

0 Response to "Bagaimana Proses Kerusakan Hard Disk ?"

Post a Comment